Home / Poker Online / ‘Cheating’ atau Kecurangan dalam Permainan Poker Online

‘Cheating’ atau Kecurangan dalam Permainan Poker Online

Kasus pencurian data online di tahun 2021 ini sudah tidak sedikit lagi. Peralihan profesi pencuri data sekarang berpindah dari pencurian fisik menjadi online, seiring dengan perkembangan pesat teknologi. Salah satunya yang paling besar adalah pencurian data credit card. Nomor spesifik yang terlihat pada kartu sekarang dengan mudah orang mencuri tanpa harus berada di depan orang tersebut. Bagaimana caranya? Beberapa cara seperti phising, scam, dan fake store merupakan sebagian kecil kerja dari ‘profesi’ pencurian data online.

Sama dengan contoh tadi, kecurangan dalam permainan poker online sudah tidak dapat terhindarkan lagi. Meski dalam situs-situs besar, hal tersebut dapat menghentikan aktifitas akun mereka secara permanen, beberapa ada yang tidak. Artikel ini akan menjelaskan secara garis besar beberapa metode kecurangan bermain poker online

Cheating

Jika kita menganggap bahwa dalam sebuah situs poker online membuat peraturan adil bagi semua player. Kemudian jikalau kita menang makan akan bertambah uang kita yang sebenar-benarnyanya. Kita masih tetap tidak bisa menghindar dari kecurangan-kecurangan pemain lain. Contoh sederhana seperti memprediksi urutan kartu ataupun kerja sama antara player 1 dengan yang lain. Sehingga akhirnya membuat meja poker tadi yang harusnya adil dan merata menjadi berat sebelah.

Memprediksi Urutan Kartu yang Dibagikan

Terlihat keren bukan jika seketika dealer membagikan kartu, di saat itu kita sudah tahu urutan kartu lain yang masih ada di dalam deck? Menang kalah bukan untung-untungan lagi, hanya tinggal giliran saja. Bisa mengetahui seluruh urutan kartu berarti dapat mengetahui apa kartu yang ada di tangan player lain. Akan tetapi, tidak semudah itu di dunia poker fisik alias tatap muka. Urutan player pada umumnya berdasar random dengan mengambil acak bola dalam kotak. Walaupun seandainya kita dapat curang dengan mengubah warna bola, urutan bola yang mana, tetap saja memprediksi penuh apa pemikiran player lain di dunia nyata hampir mustahil. Terdapat banyak faktor luar yang berpengaruh dalam hal prediksi poker offline.

Beda halnya dengan poker online, Di tahun 90an sampai awal 2000, keamanan sistem situs poker online tidak sebagus sekarang. Sekelompok orang sekitar awal 90an berhasil menciptakan software yang berfungsi memprediksi situs poker online tertentu secara akurat. Tentu dengan adanya software atau lebih tepatnya program yang dapat memprediksi kerandoman, banyak situs poker online yang tutup. Lalu bagaimana mereka mengatasinya? Pemerintah di saat itu membuat seleksi pembuatan algoritme berisi kerandoman angka. Setelah 3 setangah tahun berlalu, sebuah algoritme kuat yang susah ditembus akhirnya dijadikan pemenang. Mengapa lama sekali prosesnya sampai bertahun-tahun? Karena dalam membuat kerandoman angka yang hampir tidak memiliki pola, sangat susah sekali di tahun-tahun tersebut. Jikalau ada pola sedikit saja, orang yang ahli dalam program akan dengan mudah memahami kerandoman berpola tersebut.

Di jaman sekarang, meskipun metode ini sulit sekali pengaplikasiannya, kita masih tidak tahu seberapa kuat keamanan situs-situs poker online. Tentu jika situs tersebut besar maka keamanannya pun terjaga, sehingga bisa membuat permainan menjadi adil dan random. Juga sampai saat ini, masih belum ditemukan kelemahan dari kerandoman yang berada di situs-situs poker online sekarang.

Memperluas Jangkauan Permainanmu dengan Software

Mengingat jumlah uang yang berada di pot, kartu apa yang akan membuatmu menang, lalu kartu apa saja yang telah dari player lain buang serta anda sendiri merupakan beberapa hal yang sangat memakan stamina dan energi. Beberapa program dapat mengurangi beban pikiran tersebut. Hal sejenis ini meskipun tidak melanggar aturan umum pada poker, tetapi dapat membuat player yang menggunakan memiliki kesempatan menang yang lebih tinggi dari yang lain. Setidaknya program tersebut memiliki ciri :

  • Tidak secara langsung bermain secara otomatis tanpa bantuan player.
  • Tidak bercampur dengan Tindakan cheating lain.
  • Hanya membaca data yang terbuka oleh player.

Selain itu, ada kemungkinan besar penggunaan software tidak sesuai dengan aturan umum poker online. Meski tidak akurat 100%, setidaknya 3 hal tersebut menjadi acuan dalam pembuatan software bantuan dalam bermain poker online

Campur Tangan Player Lain

Jika kita tidak bisa melakukan kecurangan dengan sistem, apakah ada cara lain? Ya, kita bisa melakukan cara lama dengan bekerja sama dengan player lain. Singkatnya, dengan mengetahui kartu masing-masing antara player 1 dan player 2, maka akan sangat memperbesar kemenangan mereka berdua dibanding player yang bekerja sendiri. Alat komunikasi jarak jauh seperti hp, atau pun media social lainnya merupakan salah satu alat bantu paling mudah. Bahkan banyak yang antara player bersebelahan atau memiliki 2 akun di 1 komputer yang sama.

Kesimpulan

Beberapa contoh tad9 merupakan sebagian kecil metode cheating yang sering player-player poker online di beberapa negara dunia lakukan. Terdapat metode lain yang tentunya lebih spesifik seperti memanfaatkan player tak berpengalaman, memperbesar kesempatan menang dalam keadaan draw (player memiliki kartu yang tidak ideal, tetapi bernilai besar di kartu ke empat atau lima, misalkan flush atau straight), dan sebagainya. Tetapi dari sini dapat disimpulkan bahwa kecurangan yang terjadi dalam permainan poker online jauh lebih besar dibandingkan dengan poker offline. Oleh karena itu walaupun beberapa website poker jauh lebih murah daripada kita pergi sendiri mencari tempat, keamanan lebih tidak terjaga jikalau kita ingin bersungguh-sungguh mencari keuntungan lebih dalam poker tersebut.

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our newsletter